Friday, November 27, 2015

Talkshow : Wujudkan Niat Ibadah Haji (Bagian I)


Tan Mee Hwa memberikan ceramah tentang ibadah haji.


Kumpul Komunitas Nova, Sabtu, 03 Oktober 2015
Brawijaya Ballroom, Hotel Novotel Surabaya
Pembicara : Ustazah Tan Mee Hwa (Ida Astuti)


        Ibadah haji bagi umat Islam merupakan salah satu dari rukun Islam, yaitu rukun kelima. Kewajiban untuk menunaikan ibadah haji tertulis di dalam Al-Qur'an, di antaranya :
- QS. Al-Baqarah ayat 196-197;
- QS. Ali 'Imraan  ayat 96-97;
- QS. Al-Hajj        ayat 27-28.

Terjemahan ayat 27-28 QS. Al-Hajj berbunyi : "Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir."

       Menunaikan ibadah haji ke Baitullah merupakan kewajiban bagi umat Islam yang sudah mampu. Oleh karena itu, jika seorang muslim sudah diberi kemampuan (rezeki, waktu, kesehatan) hendaknya bersegera untuk menunaikan ibadah haji. Setelah memeluk Islam, Tan Mee Hwa berkeinginan kuat agar suatu saat nanti bisa berkunjung ke Baitullah dan mencium Hajar Aswad. Doa dan niat ini dikabulkan Allah SWT. Tan Mee Hwa berhaji ke Tanah Suci pada tahun 2003.


Tan Mee Hwa menjawab pertanyaan komunitas Nova.


       Sebagian orang menunda berangkat haji dengan alasan belum ada panggilan atau belum memiliki kemampuan rezeki. Itu sebabnya, perlu adanya sebuah niat kuat disertai rasa rindu untuk berkunjung ke Baitullah. Niat yang lurus akan diberi-Nya jalan kemudahan untuk menggapai Tanah Suci, berhaji memenuhi panggilan-Nya. Doa, niat kuat, serta persiapan dana yang baik, akan membuat seorang muslim mampu berhaji yang insya Allah hajinya mabrur.

Beberapa hal yang patut dimengerti tentang ritual ibadah haji, misalnya :

- Baju ihram - sebagai lambang persamaan umat Islam yang membuat kita merasa kecil di mata Allah SWT.
- Sa'i - perlambang ketangguhan umat Islam, tak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan kehidupan.
- Jumrah - perlambang upaya melempar setan, menuju kehidupan yang lebih bersih.
- Thawaf - sebagai perwujudan bahwa pusat orbit dalam hidup adalah Allah SWT.
- Tahalul - sebagai upaya untuk membersihkan diri dari penyakit hati.

Di Tanah Suci ada banyak tempat yang diyakini mudahnya doa-doa diijabah (terkabul), seperti :
- Multazam dan Hijir Ismail di Mekah;
- Raudhah (Taman Surga) di Madinah.

       Dari hal-hal di atas diharapkan sepulang ibadah haji seorang muslim mampu tampil lebih baik di dalam kancah kehidupan, melakukan beragam kegiatan hanya mengharap mardhatillah (ridho Allah SWT) semata. Seorang muslim yang berhaji dengan niat lurus insya Allah menuai kehidupan yang barokah. Oleh karena itu, sebagai muslim sebaiknya rencana dan dana untuk berhaji dipersiapkan dengan cermat. Salah satu hal yang perlu diperhitungkan adalah antrian untuk berhaji semakin panjang (masa tunggu semakin lama). Maka, dana talangan ibadah haji diperbolehkan sepanjang tidak mengandung unsur riba, serta tidak ada unsur memaksakan diri (sesuai kemampuan). Ibadah haji adalah salah satu wujud cinta dan ketaatan seorang muslim. Sehingga, seorang muslim yang wafat ketika menunaikan ibadah haji dihukumi mati syahid. Dengan demikian, setiap muslim sebaiknya berdoa, berniat kuat, memiliki rasa rindu, berupaya menyiapkan dana serta mental, dan berupaya sepenuh hati untuk memenuhi panggilan-Nya, berhaji ke Baitullah.






4 comments:

  1. Jadi pingin haji deh Mbak ... Nunggu ada duit, heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Anisa Ae : Iya, sama nih ! Berdoa dan berniat kuat ya, trus ntar mulai persiapkan dananya. Insya Allah, nanti aku tuliskan cara-cara mempersiapkan dana untuk ibadah haji. Ditunggu ya ! Hehe, aku soalnya nyambi kerja di kantor. ^_^

      Delete
  2. Selesai membaca tulisan ini semoga kita semua bisa bertamu ke Baitullah, AMiiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Blognya Yuni : Amien, YRA. Kata Ustazah Tan Mee Hwa,"Niat baik insya Allah akan diberi kemudahan jalan oleh Allah SWT." Keep optimis ya ! ^_^

      Delete