Friday, December 4, 2015

Talkshow : Wujudkan Niat Ibadah Haji (Bagian III)


Bapak Hendra Gunawan menjelaskan program Allianz Tasbih.

Kumpul Komunitas Nova, Sabtu, 03 Oktober 2015
Brawijaya Ballroom, Hotel Novotel Surabaya
Pembicara : Hendra Gunawan (Allianz Tasbih)


# Mengenal Produk Tabungan Asuransi Biaya Haji (Tasbih)

       Masyarakat Indonesia pada umumnya menyiapkan dana untuk ibadah haji melalui 2 cara, yaitu menabung atau berinvestasi. Padahal saat ini ada produk pilihan baru dalam mempersiapkan dana haji dengan program tabungan yang diproteksi asuransi. Produk ini merupakan program pertama di Indonesia yang diluncurkan oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia (http://www.allianz.co.id/). Tak kenal, maka tak sayang. Maka, kita lihat terlebih dahulu profil tentang Allianz.

       Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi dan jasa keuangan terkemuka di dunia yang didirikan pada tahun 1890 di Jerman. Allianz kini hadir di lebih dari 70 negara dan melayani lebih dari 75 juta nasabah di seluruh dunia. Allianz memberikan perlindungan dan pelayanan kepada nasabah, di mana separuh dari nasabah tersebut masuk dalam kategori perusahaan Fortune 500. Sementara itu, PT Asuransi Allianz Life Indonesia berdiri pada tahun 1996 dan bergerak di bidang asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun, dan syariah. Saat ini Allianz telah mengembangkan jaringan distribusi di lebih dari 44 kota melalui lebih dari 80 kantor mitra bisnis serta didukung oleh lebih dari 14.000 tenaga penjualan. Allianz telah terdaftar pada dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan tenaga penjualnya telah memegang lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia.

       Di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Allianz membuat inovasi berupa program Allianz Tasbih (Tabungan Asuransi Biaya Haji). Tujuan produk Allianz Tasbih adalah membantu perencanaan biaya perjalanan haji nasabah dengan manfaat tunai sekaligus manfaat proteksi jiwa serta evakuasi medis. Populasi muslim dewasa di Indonesia tak kurang dari kisaran 150 juta jiwa. Sebagai muslim tentu mereka punya keinginan menggenapi Rukun Islam dengan menunaikan ibadah haji. Jumlah kuota jamaah haji yang diberikan pada Indonesia di tahun 2013-2015 adalah 168.800 jamaah haji. Bandingkan dengan jumlah populasi muslim Indonesia yang menunjuk angka ratusan juta jiwa. Itu berarti, antrian jamaah haji semakin panjang, dan masa tunggu semakin lama. Kabar baiknya, di tahun 2016 kuota jamaah haji Indonesia mendapat tambahan sebesar 20.000 jamaah.

      
Hendra Gunawan menjawab pertanyaan tentang Allianz Tasbih.

       Sebagai umat Islam yang baik, tentunya seorang muslim berkeinginan untuk berhaji ke Baitullah. Setelah punya niat, lanjutkan dengan membuat rencana persiapan dana ibadah haji. Allianz Tasbih memberi salah satu alternatif untuk mewujudkan niat berangkat haji. Hal baru yang melekat pada produk ini berupa setoran dana untuk berhaji yang diproteksi oleh asuransi. Sehingga, nasabah beroleh manfaat lebih dalam akumulasi dana yang dikumpulkan untuk berhaji.    

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diketahui tentang Allianz Tasbih :
- Dikemas untuk memenuhi kebutuhan kaum muslim dengan target segmen yang berbeda-beda sesuai kebutuhan perencanaan keuangan perjalanan haji nasabah.

- Proteksi dan tabungan berjangka untuk ibadah haji dalam satu produk.

- Memberikan ketenangan serta rasa aman bagi peserta dan keluarganya.

- Jumlah kontribusi yang terjangkau dengan pilihan pembayaran triwulanan, semesteran, dan tahunan untuk mencapai akumulasi dana pembiayaan haji di masa mendatang.

Keunggulan Allianz Tasbih :

1. Manfaat Asuransi
-  Santunan asuransi jiwa apabila nasabah meninggal karena sakit atau kecelakaan.
-  Evakuasi medis dan repatriasi darurat.
-  Manfaat santunan asuransi jiwa 200 % apabila meninggal dunia saat perjalanan haji.

2. Manfaat Tahapan Dana
-  Target dana, terbagi dalam 2 tahapan :
a. Tahap  I : saldo dana pada akhir masa pembayaran kontribusi dengan maksimum 50 % dari santunan asuransi.
b. Tahap II : pengambilan seluruh saldo dana pada akhir masa asuransi.

-   Penutupan polis.
-   Berakhirnya polis.

Sebuah contoh untuk nasabah yang mengikuti program Allianz Tasbih selama 10 tahun, mendapat pencairan dana di tahun ke-5. Dana yang cair tersebut bisa dipergunakan untuk melakukan pendaftaran haji guna mendapatkan nomor porsi. Kemudian, pada tahun ke-10 seluruh dana cair, dan bisa digunakan untuk melakukan pelunasan biaya haji (ONH).

       Satu contoh manfaat bisa dirasakan bila calon jamaah haji pemegang polis Allianz Tasbih meninggal dunia sebelum masa polis berakhir. Ahli waris nasabah akan menerima santunan dari Allianz. Uang pertanggungan (santunan) yang diberikan dapat dipergunakan oleh ahli waris untuk biaya ba'dal haji bagi keluarga yang meninggal tersebut. Demikianlah salah satu alternatif cara mempersiapkan dana ibadah haji yang sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi.






2 comments: