Thursday, December 31, 2015

Ayo Kita Berdonasi di Bulan Dana PMI


Salah satu bentuk dukungan PMI.

       PMI atau Palang Merah Indonesia terbentuk pada 17 September 1945. Namun, organisasi yang bergerak di bidang palang merah sebenarnya sudah ada sejak zaman pemerintah kolonial Belanda. Di masa sekolah, kita biasanya lebih mengenal PMR (Palang Merah Remaja) sebuah kegiatan alternatif (ekstrakurikuler) yang diadakan di sekolah. Setelah dewasa, kita akrab dengan PMI di hari-hari menjelang peringatan ulang tahun kemerdekaan RI lewat programnya yang berlangsung rutin yaitu donor darah.

       Sebagian masyarakat Indonesia cenderung mengenal dan mengindentikkan PMI hanya sebagai organisasi yang mengurusi masalah donor darah. Sudah. Kita kurang memahami bahwa PMI ternyata memiliki seabrek kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas di bidang kemanusiaan. Ada banyak aktivitas yang didukung PMI saat terjadi musibah atau bencana, misalnya : bantuan dapur umum di lapangan saat terjadi bencana, pelayanan kesehatan, serta pelayanan ambulans.

PMI turut aktif dalam banyak kegiatan yang berkaitan dengan bidang pelayanan, yaitu :

# Manajemen bencana, melalui layanan kesiapsiagaan bencana, tanggap darurat bencana, maupun proses pemulihan sesudah bencana.

# Kesehatan, melalui program-program :
- PPBM (Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat)
- Pertolongan Pertama dan ambulans
- Program air dan sanitasi
- PSP (Psychosocial Support Programme atau Program Dukungan Psikososial)
- Pencegahan penyebaran HIV dan AIDS
- Operasi katarak

# Donor darah, melalui layanan donor darah di masyarakat.

Hari Sukarelawan PMI, 26 Desember 2015.

       PMI aktif berkiprah di tengah masyarakat Indonesia dengan jangkauan dari anak-anak, remaja, hingga usia dewasa. Sebuah program yang dilakukan PMI adalah penyuluhan tentang perilaku sehat sebagai awal pencegahan HIV/AIDS pada Hari AIDS Sedunia tanggal 01 Desember 2015. PMI juga melakukan serangkaian kegiatan untuk memberikan pembekalan dan pembinaan kepada para sukarelawan PMI yang tersebar di seluruh Indonesia. Berawal dari bencana tsunami Aceh pada 26 Desember 2004, setahun kemudian tanggal 26 Desember ditetapkan sebagai Hari Sukarelawan PMI.

       Setelah melihat program-program kegiatan, penyuluhan, kampanye, aktivitas pembinaan (generasi muda plus relawan), maupun pengkaderan di tubuh PMI, badan ini pasti membutuhkan banyak dana untuk menggerakkan roda aktivitasnya. Itu sebabnya, PMI mencanangkan tahun 2015/2016 sebagai Bulan Dana PMI. Di ajang penggalangan dana ini PMI mengajak segenap lapisan masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi mendukung kegiatan-kegiatan PMI di Bulan Dana PMI 2015/2016.

Uluran dukungan bantuan/sumbangan dapat disalurkan lewat transfer dana melalui bank-bank sebagai berikut : 

- Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin, nomor rekening : 206-38-1794-5
atas nama : PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

- Bank Mandiri Kantor Cabang Kramat Raya, nomor rekening : 123-00-17091945
atas nama : PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

- Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda, nomor rekening : 101-03-17094-7
atas nama :  PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

       Ayo peduli bantu sesama di Bulan Dana PMI. Apabila dana yang Anda miliki terasa kurang besar, tak ada salahnya jika Anda mengajak keluarga dan teman-teman untuk patungan. Setelah terkumpul dana yang memadai, silakan tansfer ke nomor rekening bank-bank tersebut di atas. Percayalah, berapa pun sumbangan yang Anda salurkan pasti membantu dan memberikan kemajuan yang lebih besar bagi PMI. Anda ingat motto PMI di kegiatan donor darah? Tepat. Setetes darah Anda, menyelamatkan nyawa orang lain. Mari kita modifikasi sedikit motto tersebut. Kita tulis semboyan baru di Bulan Dana PMI. Seribu, dua ribu rupiah yang Anda sumbangkan, mampu menyelamatkan kehidupan sesama dan mendukung program-program PMI. Bravo Palang Merah Indonesia! Semoga PMI terus berjaya dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan di Indonesia. Sumbangan dana dari masyarakat adalah amanah dan dukungan agar PMI semakin hebat dan berdaya dalam mewujudkan visi dan misinya, serta mampu memberikan layanan yang lebih berkualitas dalam tugas-tugas kemanusiaan bagi bangsa Indonesia.


Lomba blog Bulan Dana PMI.



~ Catatan :
Foto-foto diambil dari website PMI (www.pmi.or.id). 






2 comments:

  1. @ Anisa Ae : Iya, doakan deh. Lomba ini kan sekaligus penggalangan dana untuk PMI. Menang atau tidak semoga banyak yang tergerak untuk berdonasi ke PMI. ^_^

    ReplyDelete