Tuesday, October 13, 2015

Jumpa Blogger Sun Life Financial di Surabaya


Para blogger siap menimba ilmu.

       Suatu sore di bulan September, seorang teman dari KEB mencolek saya lewat pesan di FB. Saya mulai mengisi blog ini tahun 2013, namun saya baru bergabung dalam komunitas (KEB) awal tahun 2015. KEB (Kumpulan Emak Blogger) adalah komunitas blogger yang beranggotakan wanita semua (emak-emak). Si teman (Emak Yuniari) mengajak saya untuk turut hadir pada acara "Jumpa Blogger Sun Life" di Rocca Resto, Artotel Surabaya tanggal 12-09-2015. Alhamdulillah, undangan untuk sebuah acara yang menarik dan menambah ilmu tentu layak untuk diterima.

       Siang itu, usai menempuh jarak Sidoarjo-Surabaya yang lumayan jauh, saya bertemu teman-teman dari beberapa komunitas blogger di Surabaya. Awalnya, saya mengira komunitas blogger Kota Pahlawan hanya TPC (Tugu Pahlawan dotcom) saja. Ternyata, ada beberapa komunitas blogger selain TPC yang eksis di Surabaya. Saya jelas menyebut KEB sebagai induk semang kelompok blogger yang saya ikuti. Lha, saya aktifnya juga baru di KEB saja.

       Berbeda dengan kebanyakan acara lainnya, undangan dari Sun Life ini diawali dengan makan siang. Panitia acara sungguh sangat memahami kondisi para undangan. Acara dimulai pukul 12.00 WIB yang jelas-jelas menunjukkan jam makan siang bagi masyarakat Indonesia. Jadi, setelah registrasi para blogger dipersilakan langsung ke tempat prasmanan makan siang di Rocca Resto, Artotel. Menu makan siangnya lumayan enak, ditambah camilan lumpia Semarang dan beberapa jenis minuman. Wah, jadi blogger ternyata menyenangkan. Jika sering dapat undangan makan-makan gratis, ya uenak tenan!

       Setelah hampir semua blogger datang dan selesai makan siang, acara "Jumpa Blogger Sun Life" di Surabaya dimulai. Oya, sebelum materi diberikan para blogger diminta mengisi lembar pre-test tentang pemahaman pengelolaan keuangan. Acara dibuka oleh mbak dan mas pembawa acara dengan wajah ceria dan antusias. Dalam kegiatan jumpa blogger ini Sun Life Financial berusaha memberikan edukasi di bidang keuangan kepada para blogger Surabaya. Oleh karena itu, tema yang dipilih adalah "Yuk Kelola Keuangan dengan Bijak". Pembicara yang diundang adalah seorang financologist yang cukup berpengalaman, Alviko Ibnugroho. Alviko dikenal sebagai pengasuh rubrik konsultasi keuangan di beberapa media, narasumber berbagai seminar dan pelatihan, konsultan Second Career dan konsultan purnabakti Indonesia, serta sudah mengantongi 3.000 jam mengajar plus pelatihan.


Sherly Gie dan Alviko Ibnugroho.

       Pembicara pertama yang membagikan ilmunya adalah Shierly Ge selaku Head of Marketing Sun Life. Bu Shierly memperkenalkan tentang Sun Life Financial, sebuah perusahaan asuransi dari negara Kanada yang telah berdiri selama 150 tahun. Sun Life Financial hadir di Indonesia dengan tujuan untuk membantu masyarakat Indonesia agar lebih sejahtera melalui manajemen keuangan (kekayaan) yang baik. Bu Shierly memaparkan visi dan misi Sun Life serta membagikan info tentang produk-produk asuransi yang dimiliki Sun Life. Sun Life Financial dapat dikunjungi di situs : http://www.sunlife.com/. Sementara itu, website Sun Life Financial Indonesia bisa diakses di : http://www.sunlife.co.id/indonesia?vgnLocale=in_ID. Beberapa penghargaan yang diraih Sun Life Financial Indonesia bisa dilihat di : http://www.sunlife.co.id/indonesia/About+us/Awards?vgnLocale=in_ID. Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Sun Life berusaha menjawab tantangan yang ada. Unit Usaha Syariah PT Sun Life Financial Indonesia memperoleh penghargaan bergengsi dalam ajang “Global Banking and Finance Review Awards” untuk kategori : “Best Family Takaful Provider Indonesia 2015”.


Blogger Surabaya tekun menyimak acara.
       Saya salut dan mengacungkan jempol untuk Sun Life Financial Indonesia yang memiliki pendekatan berbeda dibandingkan perusahaan asuransi lainnya. Perusahaan asuransi pada umumnya langsung menghubungi kontak calon nasabah, memberi penjelasan berbagai produk, dan mengajak calon nasabah mengambil salah satu program asuransi yang ditawarkan. Sun Life memiliki pendekatan dan inovasi yang lebih baik. Para blogger (yang bisa dijadikan calon nasabah) diberi wawasan tentang Sun Life Financial beserta program dan keunggulannya, serta ilmu tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang baik agar hidup sejahtera. Sun Life tidak memburu mengejar calon nasabah dengan menghubungi satu persatu dan meminta agar mereka membeli produk asuransi. Sun Life justru membuka lomba menulis di blog untuk menyebarkan ilmu dari acara Jumpa Blogger yang digelar. Tak lupa, Sun Life memberikan hadiah untuk blogger yang tulisannya terpilih sebagai juara.

       Pembicara utama di sesi kedua adalah Alviko Ibnugroho dengan materi "Yuk Kelola Keuangan dengan Bijak". Materi yang diberikan Alviko menyangkut 8 'dosa' (kesalahan) yang lazim dilakukan masyarakat. Bahasan lengkapnya bisa dibaca di sini : http://storiespark.blogspot.co.id/2015/10/panduan-menjadi-kaya-mengelola-keuangan.html. Tips-tips sederhana yang diberikan membantu pengelolaan keuangan pribadi maupun keluarga. Uang dan manajemen keuangan tak perlu dijadikan obrolan yang tabu. Zaman sudah berubah. Jika kita tetap terpaku pada pakem-pakem lama, beragam tuntutan perkembangan kehidupan tak akan mampu terealisasikan.  

       Usai mendengarkan materi edukasi keuangan dari Sun Life dan Alviko, beberapa game dan kuis digelar untuk para peserta. Hadiahnya cukup menarik, mulai dari voucher makan di Rocca Resto Artotel, buku, dan beberapa buah handphone. Permainan dan kuis yang disajikan juga kreatif, membuat live tweet yang menarik, menjawab berbagai pertanyaan seputar materi yang telah dibahas, juga adu keberuntungan di ajang undian doorprize. Ada beberapa emak KEB yang terpilih sebagai pemenang kuis, live tweet, dan mendapatkan doorprize HP. Saya tidak mendapat hadiah dari berbagai permainan. Saya sudah punya 2 HP. Meski kedua HP tersebut tergolong jadul, saya mensyukuri kehadiran mereka. Itu sebabnya, saya tidak mau serakah berebut hadiah handphone di acara ini.  


Sherly Gie menyerahkan hadiah untuk pemenang twitpic.
     
       Hari beranjak sore, serangkaian kegiatan sudah dituntaskan. Lembar post-test dibagikan kepada para peserta untuk dibandingkan hasilnya dengan jawaban sebelum pemberian materi. Para blogger saling berkenalan, berfoto-ria dengan komunitasnya atau kedua pembicara. Sebelum pulang, sebagian peserta dan pembicara mengabadikan kenangan dengan foto bersama. Saat membidikkan kamera, saya menemukan blogger termuda ikut hadir, seorang bayi berumur 3 bulan yang digendong ayahnya. Saya meminta seorang teman baru untuk difotokan bersama emak-emak KEB. Sayang, hasil jepretannya menangkap kondisi mata saya dan beberapa teman sedang merem (terpejam). Ya sudah, yang penting saya sudah foto-foto bersama teman-teman sekomunitas. Dalam ketidaksempurnaan tetap tersirat dan tersurat gambar-gambar keindahan.        

Foto bersama blogger Surabaya dan kedua pembicara.

Para peserta dari berbagai komunitas blogger di Surabaya meninggalkan Artotel dengan hati riang. Mereka menjinjing goodie bag dari Sun Life dan membawa sekarung ilmu pengelolaan keuangan yang bijak untuk membangun masa depan yang cerah plus sejahtera. Terima kasih Sun Life Financial dan Pak Alviko untuk sharing ilmunya. Para blogger siap menulis dan menyebarluaskan jurus-jurus sakti pengelolaan keuangan kepada masyarakat luas. Semoga pemahaman akan pengelolaan keuangan yang baik mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupan menuju masyarakat dan bangsa Indonesia yang kuat, mapan, dan berjaya.






2 comments:

  1. Waaah au ketinggalan inpoh, tw gitu ikutt

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Gustyanita Pratiwi : Lho, nggak ada yang njawil tah ? Hihi, aku tahunya juga dah mepet. Alhamdulillah, aku bisa hadir. Aktif di group ya, biar nggak ketinggalan info lagi. Yuk, terus semangat nulis dan berbagi ! ^_^

      Delete