Wednesday, April 29, 2015

Bingkisan Kecil untuk Tukang Sampah


Sekotak kue dan kopi untuk tukang sampah.


       Salah satu hal yang biasa saya lakukan di hari libur Sabtu-Minggu adalah merazia dapur di rumah. Saya kumpulkan beberapa makanan atau minuman yang tak mungkin saya habiskan dan akan rusak jika tak segera dikonsumsi. Saya punya satu kebiasaan kecil. Saya masukkan kue-kue, beberapa bungkus kopi, mie instan, gula, atau teh celup dalam satu kardus atau plastik. Saya menunggu tukang sampah lewat di lorong depan rumah. Saat tukang sampah mengambil plastik sampah di depan pagar, saya berikan bingkisan sederhana yang telah siap. Saya kadang memberikan selembar uang yang tak seberapa tinggi nilainya.

     Saya senang melihat senyum tukang sampah yang tulus dan doa kebaikan darinya. Sebuah doa yang saya dapatkan sepertinya sudah dikabulkan Allah SWT.

       "Saya doakan Ibu rumahnya tambah bagus," ucap seorang tukang sampah pada saya.

       Alhamdulillah, saya bisa menata rumah dengan lebih indah, meski tetap dengan balutan tema nuansa pedesaan nan bersahaja. Saya hanya mampu berbagi pemberian kecil yang sederhana. Bingkisan di akhir pekan atau akhir bulan untuk tukang sampah menjadi ritual yang saya rutinkan. Saya senang berbagi, meski dengan hal-hal yang sederhana, bukan sesuatu yang besar harganya. Namun, hadiah unik tersebut saya yakini mampu mencerahkan wajah dan menyunggingkan senyum bagi tukang sampah yang menerimanya. Satu hal lagi, saya berusaha menjalin persahabatan dengan lingkungan sekitar. Suatu waktu, jika saya membutuhkan bantuan, insya Allah saya tak merasa sungkan meminta tolong pada mereka. Bukankah di dalam hidup ini kita semestinya menjalin silaturahmi dan saling menolong?


       Pembaca, semoga kisah ini menginspirasi Anda untuk melakukan hal yang serupa (meski, tak harus sama).





2 comments:

  1. ini menginspirasi ya hehe btw seneng deh ya kalo denger orang lain doain kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK. Silakan dicoba. Insya Allah, bingkisan kecil kita bermanfaat bagi penerima maupun pemberinya. Doa ikhlas dari penerima seringkali dikabulkan Allah SWT. Semoga bisa ditiru ya. ^_^

      Delete