Wednesday, July 17, 2013

Busana Warna Pelangi

Kepompong berubah menjadi kupu-kupu.
           Aku mulai berjilbab di semester tiga atau tahun kedua perkuliahan. Aku kuliah di sebuah program diploma kedinasan. Suasana kampusku sangat Islami. Hal ini memudahkan bagi para mahasiswinya untuk menutup aurat dengan berhijab. Saat pertama kali berjilbab, aku belum memiliki baju-baju panjang dan perlengkapan lainnya. Aku memutuskan berjilbab secara mendadak, spontan dari dalam hati kala keinginan berjilbab tiba-tiba datang.

            Ada satu ciri khas yang menjadi trade mark busana yang kukenakan setelah berjilbab. Sebagian teman menjuluki aku sebagai ‘Gadis kue lapis.’ Hehehe, manis dong! Maksudnya, aku terbiasa memakai warna-warni yang beraneka ragam dalam berbusana. Rok warna coklat, blouse warna pink, jilbab warna hijau muda. Nah, nggak matching khan?! Namun, aku tetap percaya diri dengan penampilan unik ini. Aku menyebutnya sebagai busana warna pelangi.

            “Kamu benar-benar  funky deh!” canda seorang teman.
            “Ya iyyalah, aku khan berusaha memadukan koleksi baju yang ada. Insya Allah setelah terima uang saku, aku nanti beli baju-baju yang lebih pantas. Oya, ntar temani aku belanja ya!” jawabku  sambil melirik si teman.

            Hal lain yang istimewa dari busanaku adalah rok yang rata-rata pendek. Sehingga, aku terbiasa memakai kaos kaki yang relatif panjang. Aku pun mendapatkan anugerah julukan baru. Pippy, si kaos kaki panjang! Hahaha! Lumayan, aku punya kenangan manis dengan pilihan dandanan khas.

            Alhamdulillah, di akhir tahun uang saku dibayarkan. Aku diantar teman dekatku berbelanja ke Pasar Tanah Abang, Jakarta. Wah, kupilih bermeter-meter kain untuk gamis dan jilbab-jilbab baru. Agenda berikutnya, aku sibuk menggambar model-model gamis dan mencari penjahit khusus wanita. Saat baju-baju pesanan usai dijahit, muncul beberapa top model baru. Siapa mereka? Ya, teman-teman serumahku. Merekalah yang antusias mencoba baju-baju baruku, berlenggak-lenggok dan bergaya. Aku bersyukur dengan koleksi busana-busana baru penampilanku lebih bagus. Tak ada lagi si ‘Gadis kue lapis’ dan ‘Pippy, si kaos kaki panjang.’ Yang ada kini adalah seorang muslimah anggun dengan gamis serta jilbab panjang. Alhamdulillah, muslimah itu kini telah 21 tahun berjilbab. Benar. Aku adalah sang muslimah. 


No comments:

Post a Comment