Tuesday, May 26, 2015

Mengenal AdSense dan Bedah Blog


Sari Widiarti pembicara di acara arisan ilmu KEB Surabaya.

Arisan ilmu KEB Surabaya, Minggu, 24 Mei 2015.
Taman Flora (Kebun Bibit) Surabaya.
Pembicara : Sari Widiarti.

 
       KEB (Kumpulan Emak Blogger) adalah komunitas blogger khusus untuk mewadahi wanita (emak-emak) yang senang menulis di blog. Tentu saja anggotanya memiliki blog dengan beragam jenis tampilan maupun materi tulisan. Blog para emak ada yang berisi beraneka jenis tulisan (gado-gado), ada juga blog yang khusus mengangkat satu tema saja. Misalnya : blog masalah kuliner, traveling, parenting, berkebun, kecantikan, dll.

       Salah satu cara untuk memperoleh penghasilan dari blog adalah dengan memasang iklan (adsense). Google menyediakan layanan periklanan, yaitu google adsense. Apa itu adsense?

- Adsense : cara sederhana untuk mendapatkan uang dengan menampilkan iklan yang ditargetkan di samping konten online Anda. Dengan adsense, Anda dapat menampilkan iklan yang relevan dan menarik untuk pengunjung situs Anda. Bahkan, Anda dapat menyesuaikan tampilan serta nuansa dari iklan yang cocok dengan website milik Anda. Silakan buka : http://google.com/adsense/start.

Sebelum mendaftarkan blog untuk mendapatkan iklan, kita perlu mengenali jenis media yang digunakan.
1) Akun hosted       : akun mitra google, yaitu blogspot dan youtube.

2) Akun nonhosted : akun di luar mitra google, seperti wordpress.
Apabila mendaftar lewat google adsense, akun jenis nonhosted wajib hukumnya untuk berganti domain menjadi .com atau .net. 

Perbedaan jenis media yang dipergunakan juga berbeda pula cara mendaftarnya.

 - Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar ke google adsense adalah :

1) Siapkan blog Anda.
Menyiapkan blog untuk mendaftar. Blog berjenis wordpress harus berganti domain menjadi .com/net, dll.

2) Artikel (postingan) blog.

Hal-hal yang perlu dicermati sebagai berikut :

a) Blog bisa berisi beberapa tema yang isinya bermanfaat untuk para pembaca blog. Blog juga diperkenankan memiliki satu tema. Misalnya : blog kuliner, fashion, beauty, dll.

b) Judul dan isi yang ditulis harus relevan.

c) Jumlah kata dalam satu postingan juga harus diperhatikan.
Satu artikel sebaiknya memuat minimal 350 kata atau lebih. Jika tulisan terlalu singkat bisa dianggap spam oleh google. Jumlah 350 kata adalah standar agar artikel mudah ditelusuri oleh mesin pencari.

d) Cantumkan sumber gambar jika Anda mengambil dari pihak ketiga.
Etika dalam ngeblog harus diperhatikan karena berkaitan dengan reputasi blog kita. Setiap gambar yang beredar di internet memiliki identitas. Tuliskan link identitas gambar yang Anda ambil di samping penjelasan sumber gambar. Ada baiknya apabila Anda izin terlebih dahulu kepada pemilik gambar yang Anda ambil.

3) Umur blog.
Google adsense mensyaratkan umur blog minimal 6 (enam) bulan dengan posting artikel secara rutin setiap bulannya.

4) Pengunjung blog.
Blog yang ramai pengunjung tentu lebih diprioritaskan untuk mendapatkan iklan. Namun, jumlah pengunjung (visitor) bukanlah segalanya. Tim penilai google juga melihat isi serta kualitas tulisan dalam suatu blog. Jika kita ingin blog banyak pengunjung, cara termudah adalah rajin posting tulisan baru yang unik serta berguna bagi pembaca.

5) Template yang mobile friendly.
Terhitung mulai tanggal 21-04-2015 google penelusuran memperluas penggunaan mobile friendly sebagai penentuan peringkat. Template yang masuk kategori mobile friendly adalah jenis-jenis template bawaan (yang disediakan) blogger.com. Cek saja blog Anda di : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly.

Alur pendaftaran blog untuk mendapatkan iklan (adsense).

 - Proses pendaftaran blog ke google adsense adalah :

1) Setelah blog siap dan memenuhi kriteria di atas, mulailah mendaftar.
Dari dashboard blogger, pilih earning, ikuti langkah-langkah panduan di dalamnya.

2) Setelah itu, pihak google adsense akan melakukan penilaian tentang blog Anda.
 Proses review pertama biasanya berlangsung 1-7 hari.

3) Jika blog lulus review pertama, penilaian dilanjutkan ke tahap review kedua.
Perbaiki tampilan blog Anda, turunkan banner-banner yang dipasang, termasuk iklan lain yang bukan berasal dari google adsense.

4) Jika lulus review kedua, Anda akan mendapatkan iklan untuk dipajang di blog.
Anda bisa menunggu iklan diklik pengunjung blog dan dollar mengalir untuk Anda.

5) Jika blog ditolak, Anda akan menerima pemberitahuan (email) yang menyebutkan alasan-alasan penolakan. Anda bisa memperbaiki blog, resubmit lagi, mulai dari langkah 1 di atas.

Pada dasarnya setiap blogger punya kiat sendiri-sendiri untuk memperoleh iklan dari google. Teknik publisher yang satu belum tentu dapat diterapkan oleh publisher lainnya. Sari Widiarti berbagi cerita tentang pengalamannya mendapatkan iklan justru lewat video tutorial yang dibuat di akun youtube.


- Hal-hal penting terkait pemasangan iklan (adsense) :

1) Maksimalkan CPC dan RPM.

CPC (Cost Per Click) : adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense. CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya. Setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan adalah sejumlah nilai CPC untuk iklan. Semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense, di antaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung, dan lain sebagainya.


RPM (Revenue Per Thoushand Impression) : adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.


2) Memancing konten yang menghasilkan RPM atau CPC tinggi.
Cara yang mudah adalah membuat artikel terkait iklan yang ditargetkan agar dapat masuk blog milik kita.


3) Jangan pernah mengelabui google.
Kita tidak boleh meminta orang lain klik iklan yang dipajang di blog. Apabila kita ketahuan telah berbuat curang, pihak google bisa memberi hukuman. Blog kita bisa di-banned (diblokir), atau kita dilarang memasang iklan dari google adsense.


4) Ikuti aturan dari google adsense.
Anda bisa membacanya di : https://support.google.com/adsense/?hl=id#topic=3373519.


       Sukses meraih penghasilan dari blog adalah salah satu harapan seorang blogger. Itu sebabnya, ada sejumlah blogger yang melakukan 'ternak' blog. Maksudnya seorang blogger membuat beberapa blog untuk menjaring penghasilan dari iklan-iklan yang dipasang di blog-blognya. Hal semacam itu tidak selalu mudah dilakukan. Adakalanya permintaan iklan ke google adsense ditolak berkali-kali. Kesimpulannya, para blogger harus terus bersemangat untuk menata ulang blog, menambah tulisan yang bermutu,dan daftar lagi ke google adsense. Yang jelas, semua hal butuh serangkaian proses. Tidak ada keberhasilan yang dicapai hanya dengan menjentikkan jari. Menulis di blog untuk mendapat bonus penghasilan tentu boleh. Yang utama, menulis di blog adalah tentang berbagi ilmu yang memberi manfaat bagi para pembacanya.


Pembaca, selamat mencoba meraup dollar dari google adsense !




4 comments:

  1. Replies
    1. @ Nurul Rahmawati : Iya, sama-sama. Makasih udah mampir ke rumah emak. ^_^

      Delete
  2. emang susah daftar adsense ini..

    http://acemaxsshop.com/obat-herbal-infeksi-saluran-kemih/

    ReplyDelete
  3. @ Ace Maxs : Iya, sih.... Tapi, kalau terus dicoba insya Allah suatu saat pasti di-approve. Emak-emak aja banyak yang sukses kok. So, jangan menyerah ya ! Ayo, coba lagi ! ^_^

    ReplyDelete