Thursday, February 26, 2015

Beramal dengan Dedaunan


Daun-daun sirsak dan bunganya.




       Sewaktu kecil, saya pernah berpindah-pindah rumah. Alhamdulillah, rumah keluarga yang saya tempati selalu cukup lapang dan memiliki halaman yang luas. Banyak tanaman menghiasi kebun keluarga. Sejumlah tanaman yang ditanam sengaja dipilih tanaman yang memiliki kegunaan atau manfaat tertentu. Misalnya : pohon sirsak, pepaya, sirih, belimbing, mangga, dan lain-lain.

       Alhamdulillah, tahun 2011 lalu saya menempati rumah sendiri. Rumah saya relatif kecil dengan halaman tak seberapa luas. Ada sepetak tanah di bagian depan rumah. Berdasarkan kebijakan warga, tanah tersebut boleh ditanami oleh pemilik rumah. Maka, saya memilih beberapa tanaman berkhasiat untuk ditanam di kebun mungil halaman depan. Sirsak, pepaya, mangga dan jambu adalah tanaman yang saya tanam. Mengapa? Tanaman-tanaman tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa kegunaannya :
1. Sirsak, daun dan buahnya bisa digunakan untuk obat maupun pencegahan beberapa jenis penyakit yaitu : kanker, asam urat, rematik, bisul, ambeien, liver, kandung kemih, diare (pada bayi), lepra, gangguan pencernaan, juga kaki bengkak.

2. Pepaya, daun dan buahnya bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam berdarah, meningkatkan nafsu makan, meringankan nyeri haid, melancarkan pencernaan, masker jerawat, pencegahan kanker, melunakkan daging.

3. Mangga, daun dan buahnya mengandung khasiat untuk pengobatan diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan diare, asam urat, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencerahkan kulit.

4. Jambu, daun dan buahnya dipakai untuk pengobatan diare, sariawan, keputihan, diabetes, dan ambeien.

        Saat ini, tanaman buah di kebun depan rumah saya belum seberapa besar. Namun, saya sudah merasakan kebahagiaan kecil memiliki tanaman-tanaman berguna seperti itu. Di kantor, ada beberapa teman (ibu-ibu) yang menderita penyakit kanker. Mereka biasa memesan daun-daun sirsak untuk mengobati penyakitnya, biasanya usai dioperasi dan menjalani program kemoterapi. Saya sangat bersyukur. Saya bisa beramal, meski sedekahnya sekadar berbagi dedaunan. Alhamdulillah, teman-teman saya berbagi cerita bahwa usai rajin minum air rebusan daun sirsak kesehatan mereka semakin membaik. Hal ini memotivasi saya untuk terus merawat taman buah dan berbagi kebaikan lewat tanaman bermanfaat di rumah.

       Pembaca, mari kita menanam minimal satu tanaman yang bermanfaat di rumah kita.




 

No comments:

Post a Comment